Subscribe:

Senin, 12 Desember 2011

Alasan Memilih Jurusan Teknik Pertambangan


MENGAPA DI PERTAMBANGAN ???
Oleh: Handy Agista

Namaku Handy Agista, gendernya cowok, hehehe.. orang ganteng dari Muara Enim, kota kecil tempat tambang terbesar batubara. Saya sekadar mau curhat aja ke temen-temen agar pada saat milih jurusan kuliah ngga pada bingung atau malah ikut-ikutan temen yang lain, padahal kuliah adalah jenjang baru untuk meniti kehidupan di dunia luar maksud saya pada masyarakat bukan dunia mistis.

Nah, pada waktu masa akhir SMA, saya galau nih mau melangkahkan kaki kemana kuliah atau kawin hahahaha (becanda aja...). kemudian saya sadar bahwa selama ini saya tidak punya impian yang pasti atau tujuan riil untuk hidup, misal nya nih Anda pengen kaya punya mobil, rumah, atau apa aja tapi kamu gak tau cari uangnya gimana apakah jadi pengusaha atau yang laen, yang ada di otak Anda tuh cuma pengan kaya tapi gak tau gimana jalan nya. Ini berbahaya karena hidupmu akan terombang-ambing dan mengalir kemana aja.. entah ke parit ke sungai ke laut pokok nya.  Cuma asal2an aja dan akhirnya hidupmu akan asal2an juga.


Punyakah Anda impian???... semua orang sukses di dunia ini mempunyai impian. Seperti Honda mempunyai mimpi membuat mobilnya sendiri dan akhirnya semua mobil bermerk Honda ada di seluruh dunia. So, Anda harus punya impian dan tentu juga tindakan.

Kemudian yang saya lakukan setelah dapet pencerahan adalah mulai menyadari bakat saya, apa sih bakat itu?? Bakat adalah suatu kemampuan yang ada dalam diri anda dan perlu diasah dan bakat merupakan faktor kesuksesan seseorang, soo.... Apakah semua orang dilahirkan di dunia ini mewarisi bakat dari orang tua nya??? Saya tidak sepakat tentang bakat udah ada dari sananya atau warisan orang tua. Misalkan ada sebuah keluarga yang melarang anaknya menjadi engineer karena didalam keluarganya tidak ada seorangpun yang menjadi engineer. Ini kesalahan besar, banyak yang ayahnya seorang engineer bahkan punya kedudukan tinggi di perusahaan sedankan anaknya ga ada yang jadi engineer.

David Beckham memiliki tendangan bebas mematikan karena bukan bakat bawaan. Ayahnya hanya orang biasa saja tetapi Beckham melatih terus-menerus tendangannya untuk mencapai akurasi yang baik. Ia bahkan menggunakan ban mobil, bola di tendang dan masuk ke gawang. Nah temen-temen harus mengetahui bakatnya, caranya pergi lah ke psikolog yang handal, syukur-syukur psikolognya pacar kamu jadi bisa gratisan hahaha....

Balik lagi ke temanya mengapa saya memilih pertambangan?? Berdasarkan hasil psikotes otak saya memadai untuk bisa sekolah, walaupun IQ nya pas-pasan. Temen-temen harus tahu di pertambangan ini mempunyai prospek yang cerah untuk kerja dengan gaji yang bikin kantong tebel... ( wow bisa ngajak cwe nonton nih hehehe) di Indonesia sekarang banyak para investor menanamkan modal nya pada kegiatan tambang nasional dengan didukung pemerintah memberikan regulasi perundangan tambang yang nyaman bagi investor dan tentu saja dividen negara lebih besar pula. Kalau ga salah itung ada sekitar 10.000 (sepuluh ribu) perusahaan tambang dari skala internasional sampai kecil ada di indonesia, so anda ga akan kenal kata yang nama nya pengangguran dan temen-teman juga bisa kerja di bank, lhooo kok bisa di bank??? Karena ada investor atau perusahaan yang bergerak di bidang perbankan juga menanamkan modalnya di usaha tambang, kerjanya mudah temen-temen tinggal mengawasi atau mengkaji apakah layak di bangun pertambangan di daerah tersebut.

Anak pertambangan macho-macho pada memiliki kharisma pria sejati jadi cwe  bakal kepincut sama anak tambang hehehe, disini temen-temen di ajari bagaimana punya mental dan fisik kuat lhoo.. eh bukan berarti disiksa sama senior itu hanya anggapan orang awam aja, seniornya pada baik-baik semua dan mengayomi adek nya apalagi saya hehehe (narsis dikit bolehkan...). inget yaa, temen-temen hanya diajarkan dan dilatih building character. Disini  juga diajari Massive (kompak) agar kita bisa kompak dengan temen yang lain merasa senasib sepenanggungan, jadi kalo ada yang susah, temen yang lain pasti bantu ga akan bakal ngerasa sendirian di tengah arus perjuangan kampus.

Dan berdasarkan info yang diterima juga dari senior-senior yang udah kerja, semakin Anda lama bekerja di pertambangan semakin di butuhkan kemampuan Anda, maksudnya begini nih.. misal temen-temen bosan kerja di suatu perusahaan X maka temen-temen jangan sungkan untuk berhenti, nah lhoo kok gitu sih secara hari gini susah dapet kerja, kenapaaaa??? Jawabnya karena pengalaman anda akan menambah kemampuan anda sendiri sedangkan yang di butuhkan perusahaan tambang adalah kemampuan, jadi jangan heran kalo ada orang yang melamar kerja udah ada yang jadi Kepala Bagian atau bisa jadi mangernya. Nothing impossible.

JAYA PERTAMBANGAN UNSRI.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar