Subscribe:

Senin, 12 Desember 2011

Alasan Memilih Jurusan Teknik Pertambangan


ALASAN MEMILIH TEKNIK PERTAMBANGAN
Oleh : Jounaldo Saputra
Alasan mengapa saya memilih jurusan TEKNIK PERTAMBANGAN di UNIVERSITAS SRIWIJAYA adalah karena beberapa alasan : Pertama saya bepikir kalau saya menempuh pendidikan di teknik pertambangan saya dapat membahagiakan keuarga dan orang tua saya yang berharap saya dapat mampu untuk sukses, karena beberapa alasan lainnya yaitu dimana ada saudara saya yang menjadi motivasi pada jurusan ini, kesuksesannya dalam pertambangan yang membulatkan tekat saya untuk memilih jurusan Teknik Pertambangan sebagai jurusan yang saya pilih dan beberapa konsepan dan hasil dari konsultasi dengan beberapa guru pembimbing di SMA, semakin membulatkan tekat saya untuk memilih jurusan teknik pertambangan. Kemapanan dan prospek kerja merupakan salah satu dari beberapa alasan yang membuatku memilih jurusan teknik pertambangan ini. Mengapa hal ini termasuk dalam beberapa alasan ? saya tidak mau menjadi orang yang munafik, karena saya berpikir jika tujuan utama dari hampir seluruh mahasiswa berkuliah atau melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi itu adalah prospek kerja dan memperkirakan pekerja apa yang akan mereka dapatkan setelah menempuh pendidikan di perguruan tinggi itu sendiri, mungkin nilai tolak ukur kesuksesan itu salah satunya adalah Kemapan dan kekayaan, bukankah memang begitu ?
Teknik pertambangan dalam benak saya sebelum saya masuk menjadi mahasiswa teknik pertambangan di UNIVERSITAS SRIWIJAYA ini adalah seperti kebanyakan orang awam yang berpikir kalau pertambangan itu sama halnya seperti para kuli angkut, kuli bangunan, dan kuli-kuli lainnya yang bekerja sebagai kuli di pertambgangan itu sendiri, sebelum akhirnya mendapatkan pencerahan mengenai dunia pertambangan dari saudara dan beberapa kerabat yang memberikan pengetahuan mengenai pertambangan itu sendiri. Disini saya baru menyadari bahwa dengan saya menjadi mahasiswa pertambangan dan menamatkan pedidikan diperguruan tinggi saya akan menjadi orang sukses dan orang kaya, dan juga saya pernah berpikir dengan harga – perhiasan yang sangat mahal di pasaran, saya berpikir harga 1 gram emas saja sudah mencapai harga ratusan ribu, bagaimana jika saya mampu menambang 1 ton emas ?? pantastis bukan harganya, mungkin dengan perbandingan harga berlian, mungkin saya bisa buat negara sendiri dengan intan yang berton-ton.
Hanya kesuksesan dan kemapanan yang saya idamkan dari saya masuk teknik pertambangan ini, jadi tidak salah bagi kalian yang ingin masuk teknik pertambangan sebagai pilihan kalian di perguruan tinggi, prospek kerja yang menjamin, kekerabatan dan persahabatan yang erat terjalin dalam pertambangan dikarenakan tambang itu seperti struktur batuan beku dan sedimen yang massive (massive = kompak). Banyak alasan yang membuat saya sampai menempuh pendidikan di Teknik Pertambangan Universitas Sriwijaya ini. Seperti yang saya katakan sebelumnya, saya ingin membahagiakan orang tua saya, ingin membangun rumah untuk mereka, ingin menaikan mereka haji, ya bagaimana caranya jika saya tidak sukses dan mampu untuk mewujudkan itu semua, mungkin salah satu jalan yang saya tempuh dengan memilih jurusan teknik pertambangan, mengapa harus teknik pertambangan ? mengapa tidak teknik yang lain ? atau jurusan lain yang lebih baik. Saya akan jelaskan, karena ada seseorang yang memotivasi saya dalam hal ini, karena dalam dunia pertambangan dia bisa sukses, dia bisa membangun rumah untuk kedua orang tuanya dan mampu menaikan mereka haji, itu mengapa saya semakin yakin dengan memilih teknik pertambangan ini, dan saya sering minta pendapatnya dalam hal memilih jurusan teknik pertambangan dan mengambil beberapa petikan ceritanya dan pengalamannya dalam pertambangan dan saya pikir itu menarik dan semakin menguatkan keinginan saya masuk teknik pertambangan dan dorongan dari orang tua juga begitu kuat dan semakin memantapkan saya pada Teknik Pertambangan, dan motivasi dari guru – guru pembimbing (guru bimbingan konseling) dan saya juga sempat tertarik dengan geologi dan kebumian karena saya pernah ditarik untuk mengikuti olimpiade geologi dan kebumian tingkat SMA dan saya pikir itu sangat menarik.
Tiada alasan lain selain alasan saya ingin sukses dan membahagiakan orang tua saya, mungkin hanya itu saja alasan yang dapat saya ulas karena kesuksesan dapat diraih jika kita serius ingin mendapatkan keinginan itu sendiri, dan banyak jalan menuju kesuksesan itu sendiri. Bulatkan tekat dan kuatkan dalam hati jika kita memang benar menginginkan itu semua. BHUMI ANTHAR GHATAS SUSTA BHAVANIAS ( SELAMA BUMI BERPUTAR PERTAMBANGAN TETAP JAYA ), Maju terus Teknik Pertambangan Universitas Sriwijaya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar