Subscribe:

Senin, 12 Desember 2011

Alasan Memilih Jurusan Teknik Pertambangan


Alasan Memilih Jurusan Teknik Pertambangan

Oleh: Muhammad Noufal Achyar

Teknik Pertambangan adalah jurusan yang mempelajari teknologi dan kegiatan atau usaha yang berkaitan dengan “bahan galian”, mulai dari penyelidikan umum (prospeksi), eksplorasi, penambangan (exploitasi), pengolahan, pemurnian, pengangkutan, sampai ke pemasaran.  Dengan sumber daya alam yang sangat melimpah, maka pertambangan memiliki prospek yang cerah dalam dalam perkembangan bisnisnya, hal ini terbukti dengan perkembangan yang signifikan hasil komuditi tambang Indonesia yang telah diakui oleh dunia berupa timah, batubara, tembaga, minyak, nikel, emas dan lain sebagainya.
Ada beberapa alasan yang mempelopori saya masuk teknik pertambangan untuk melanjutkan studi di perguruan tinggi baik dari faktor keluarga dan teman, ilmu yang diperoleh  dan peluang karir di dunia pertambangan itu sendiri.
Tak pernah terbayangkan sebelumnya bakal masuk department ini hingga sekarang, Faktor keluarga dan teman memegang peranan penting yang pertama dalam pemilihan saya di jurusan teknik pertambangan. Dengan latar belakang orang tua saya yang menuntut ilmu dan bekerja di teknik sipil, saya pun diberi pengarah untuk menjadi seorang engineer nantinya, mulai dari matakuliah yang dipelajari hingga  prosepek kerja yang menjanjikan, dan ternyata hal itulah juga yang mendorong kakak perempuan saya mengambil jurusan di teknik tepatnya teknik kimia dan abang saya yang menjadi penerus orang tua saya di bidang teknik sipil, Dan hal ini juga yang membuat saya ikut bergerak untuk mencari-cari informasi mengenai jurusan-jurusan teknik, baik jurusan teknik di daerah tempat saya berdomisili maupun yang memiliki akreditas yang tinggi di seluruh pelosok negeri Indonesia ini. Banyak jurusan teknik yang berkualitas yang saya minati, diantaranya teknik nuklir, metalurgi, pertambangan dan sebagainya. Ada beberi apa saran yang saya dapatkan dapatkan dari teman dalam memilih lokasi perkuliahan, salah satunya dari teman yang sedang menuntut ilmu di ITB tepatnya dijurusan teknik geofisika yaitu untuk memilih jurusan yang sedang diminati dengan peluang kerja yang masih luas dan berkompeten seperti teknik pertambangan atau teknik perminyakan. Setelah mencari informasi lengkap mengenai jurusan tersebut saya memantapkan diri untuk memilih jurusan teknik pertambangan pada seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri 2010.
Alasan kedua saya memilih jurusan teknik pertambangan yaitu dikarenakan saya mimiliki label IPA saat SMA, sangat disayangkan jika ilmu alam yang saya dapatkan selama 3 tahun menuntut ilmu dibangku menengah atas tidak saya lanjutkan  lebih memperdalam aplikasinya apalagi sampai memlilih jurusan sosial . Jurusan  teknik pertambangan merupakan jurusan yang kompleks, tidak hanya menerapkan ilmu matematika, namun kita dituntut untuk mahir dalam fisika, kimia, dan kemampuan software. Dengan menuntut ilmu di jurusan teknik pertambangan, ilmu yang telah saya dapatkan dahulu dapat di tingkatkan dan dipelajari aplikasinya dalam dunia pertambangan.
Alasan ketiga saya memilih teknik pertambangan dikarenakan peluang karir yang menjanjikan inilah yang jadi bahan pertimbangan bagi kita sebelum milih jurusan. prospeknya masih cerah banget untuk bertahun-tahun ke depan baik minyak, mineral, dan terutama batubara, lihat aja akhir-akhir ini banyak banget usaha pertambangan yang dibuka. Tanpa mengesampingkan jurusan teknik lainnya, yang telah banyak tersebar dan alumi yang banyak juga, jurusan teknik pertambangan bisa dikatakan memiliki armada yang kurang didalamnya, sehingga perusahaan yang bergerak dibidang pertambangan sangat membutuhkan banyak tenaga ahli di bidang ini,  Hal ini dikarenakan permintaan batubara, minyak, dan mineral-minera yang bernilail ekonomis ke depan mengalami peningkatan yang cukup besar. Dikarenakan sumber daya alam Negara kita ini termasuk kategori yang kaya, jurusan teknik pertambangan menjadi solusi agar anak negeri bisa mengambil peran di sektor pertambangan agar mengurangi bahkan menghilangkan campur tangan pihak asing. Masalah gaji juga menjadi pertimbangan besar dalam memilih jurusan ini, dengan komuditi tambang Indonesia yang berskala internasional, maka untuk masalah salary, dapat dikatakan sangat memenuhi bahkan lebih dari tempat kerja lainnya.
Kesimpulan yang didapatkan alasan saya memilih jurusan teknik pertambangan tidak terlepas dari ketiga faktor tersebut, peran keluarga, ilmu dan peluang karir kerja utamanya membuat saya merujuk dan berkeinginan untuk dapat bergabung dan berpartisipasi di dalamnya. Tujuan utamanya adalah untuk membahagiakan keluarga dan diri kita sendiri, namun juga ikut serta untuk memajukan bangsa agar nantinya anak negeri dapat lebih berprestasi dan berperan penting di negerinya sendiri, bukan Negara lain yang menguasai Negara kita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar