Subscribe:

Senin, 12 Desember 2011

Alasan Memilih Jurusan Teknik Pertambangan


Alasan memilih Teknik Pertambangan…
Oleh: Fajrin Kurniawan
Saya Fajrin Kurniawan, seorang mahasiswa Teknik Pertambangan Unsri 2010, Disini saya akan berbagi pendapat, pengetahuan dan pengalaman di teknik pertambangan ini, salah satu jurusan teknik yang bisa dibilang bonafit di republik universitas sriwijaya ini.
Mungkin ada yang bertanya mengapa saya memilih masuk ke teknik pertambangan, bahkan pertanyaan tersebut juga keluar dari dalam hati saya sendiri, ini semua berawal ketika waktu pendaftaran SNMPTN dimulai, semua siswa yang baru lulus dari SMA pasti akan menantikan saat-saat ini, dimana kita akan melanjutkan jenjang pendidikan kita, jurusan apa, dan lain hal sebagai nya yang harus diputuskan dengan baik demi kehidupan masa depan nanti,
Saat pengisian pendaftaran online saya tidak memiliki keraguan dalam memilih universitas, pilihan saya jatuh pada Universitas Sriwijaya, salah satu perguruan tinggi yang memiliki reputasi cukup baik di pulau sumatera, terlebih lagi dekat dengan kota saya tinggal, di Jambi. Satu-satu nya keraguan yang timbul pada saat itu jurusan apa yang akan saya pilih di Unsri ini, ada terdapat banyak jurusan disini, dan saya tidak begitu banyak mengetahu keunggulan dari setiap jurusan dan juga prospek kerjanya,
Untuk mengisi pendaftaran online ini saya meminta saran dari keluarga saya, orang tua member saya kebebasan untuk memilih, pilih sesuai hati nurani, dan pilihan saya pun untuk pilihan pertama adalah pendidikan dokter umum, pilihan kedua teknik pertambangan, kedua pilihan ini meruapakan saran dari kakak dan teman-teman saya,
Pada saat pengumuman nama saya tertulis lulus di teknik pertambangan, membuat saya senang karena melihat Passing Grade yang cukup sulit untuk ditembus, perlu diketahui alas an mengapa saya memilih jurusan teknik pertambangan, yaitu karena prospek kerja kedepan nya yang cerah di imbangi dengan gaji yang besar, prospek yang cerah  untuk bertahun-tahun kedepan baik minyak, mineral, dan terutama batubara, dapat dilihat akhir-akhir ini banyak tambang batubara dibuka. Hal ini dikarenakan permintaan batubara ke depan mengalami peningkatan yang cukup besar.Seperti dikutip di majalah tambang online bahwa meningkatnya konsumsi batubara dunia tidak terlepas dari meningkat pesatnya permintaan energi dunia dimana batubara merupakan pemasok energi terbesar kedua setelah minyak dengan kontribusi 26% dan akan meningkat sampai 29% pada tahun 2030.
Ini lah sedikit gambaran yang dapat saya berikan mengenai teknik pertambangan, bagi adik-adik yang baru lulus dari SMA dan ingin melanjutkan kuliah, teknik pertambangan adalah pilihan yang baik untuk kalian, ingat menantu ideal adalah insinyur pertambangan.
    Terima kasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar