Subscribe:

Senin, 12 Desember 2011

Alasan Memilih Jurusan Teknik Pertambangan

    MENGAPA HARUS TEKNIK PERTAMBANGAN?
Oleh. Muhammad Dezar Ritno
      Sama halnya seperti teman-teman yang lain yang kebingungan pada saat memilih jurusan untuk melanjutkan jenjang pendidikan dari tingkatan sekolah menengah atas menuju perguruan tinggi, tak elaknya juga terjadi pada saya sendiri. Mungkin juga terjadi pada teman-teman yang  duduk di bangku  kelas XII sekarang ini. Suatu piliihan yang rumit pada momen-momen tersebut. Dimana kita harus cermat dalam melihat peluang dan lentera jiwa kita yang sebenarnya.
     Pada saat itu, yang menjadi tujuan pribadi saya adalah mencari suatu jurusan atau program studi yang pengaplikasian kerja setelah tamat dari perguruan tinggi adalah di perusahaan besar dan terkemuka dengan mengantongi penghasilan bersih yang tinggi. Beda halnya dengan orang tua yang menganjurkan untuk untuk meneruskan di bidang kesehatan seperti kedokteran ataupun jurusan-jurusan lain yang berorientasi kerja menjadi pegawai negeri sipil (PNS). Akan tetapi, ini hanya sebatas saran dari orang tua yang sepenuhnya keputusan mutlak dikembalikan kepada saya pribadi sebagai orang yang akan menjalani itu semua.
     Sayangnya sedikit watak keras kepala dan keyakinan hati telah mengeliminasi satu persatu saran-saran dari oranag tua dan dari orang lain. Karena  sedikit banyaknya, saya tahu bagaimana ruang lingkup dan orientasi kerja seorang dokter  yang harus cermat dan bersih, orientasi kehidupan seorang PNS kecil  ataupun orientasi kerja pada  bidang ilmu yang lain. Hingga pada akhirnya pilihan saya jatuh pada teknik Pertambangan.
Tapi pertanyaanya, Mengapa pilihan saya harus jatuh pada jurusan Teknik Pertambangan?
     Tak lain dan tak bukan, beberapa alasan yang mendasari saya untuk memilih jurusan ini antara lain:
  1. Kata orang, penghasilan pada orang yang telah bekerja di dunia teknik pertambangan (dalam hal ini bisa teknik pertambangan batubara dan mineral maupun teknik perminyakan) relatif dan mayoritas besar dibandingkan dengan bidang-bidang lain. Ternyata hingga sampai saat ini yang saya ketahui bahwa penghasilan mereka MEMANG BESAR namun jabatan yang dipegang juga HARUS TINGGI . Tapi, it’s okay. I love challenge. Jika orang lain bisa, kenapa kita tidak? Nothing is Impossible friend..
     
  2. Saya secara pribadi lebih suka bereksperimen ataupun pengaplikasian suatu ilmu dilapangan bila dibandingkan dengan teori yang harus dipelajari secara terus menerus dan berkepanjangan. Jadi dunia teknik pertambangan lebih baik bagi saya daripada bidang ilmu teori yang lain. Karena disini teori dan teknologi diperlukan secara bersamaan untuk pengaplikasian dilapangan. Bukan hanya teori doank.

  3. Saya masuk disini lewat jalur PMP dan formulir PMP yang saya kirim hanya disini, jurusan ini, tanpa mengirim formulir PMP pada perguruan tinggi lain dan jurusan lain. Yahh, jadi tak mungkin saya mendapatkan jurusan lain.. hehee..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar